Recent Posts

q

Minggu, 24 Juli 2011

DASAR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN dan PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN

DASAR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN


Pedoman pemilihan media pembelajaran, antara lain dapat dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1.    Sebelum memilih media pembelajaran, guru harus menyadari bahwa tidak ada satu mediapun yang paling baik untuk semua tujuan. Tiap media tentu mempunyai kebaikan dan kelemahan serta keserasian tertentu guna mencapai tujuan yang telah dirumuskan.
2.    Pemilihan media hendaknya dilakukan secara obyektif. Artinya benar-benar digunakan dasar pertimbangan efektivitas belajar siswa, bukan karena kesenangan guru atau sekedar selingan.
3.    Pemilihan media hendaknya memperhatikan syarat-syarat berikut:
a.         Sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Benarkah media yang dipilih itu dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif?
b.         Sesuai  dengan karakteristik siswa. Apakah media yang dipilih itu benar-benar menarik perhatian anak?
c.         Ketersediaan bahan media. Dapatkah media itu diperoleh dengan mudah?
d.        Biaya pengadaan. Adakah biaya untuk mengadakan media yang akan dipilih?
e.         Kualitas / mutu teknik. Apakah media yang dipilih itu kualitasnya baik?
Dengan menggunakan pedoman tersebut, guru akan terhindar dari kecerobohan dalam pemilihan media. Ketepatan pemilihan media akan berpengaruh terhadap efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran.
PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN


Prinsip-prinsip umum yang dapat dipakai pedoman dalam pemilihan media pembelajaran antara lain:
1.    Penggunaan media bukan bahan berarti mengurangi pentingnya peranan guru di kelas atau sebagai pengganti guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Media berfungsi sebagai alat belajar.
2.    Tidak ada satu mediapun yang harus dipakai dengan meniadakan media yang lain. Artinya tiap jenis media dapat digunakan sesuai dengan kegunannya masing-masing.
3.    Setiap media tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Guru harus pandai memanfaatkan kelebihan dari suatu jenis media disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Dengan media apapun yang akan digunakan, guru harus mengusahakan danya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar.
5.    Pada waktu mengguanakan media pembelajaran harus benar-benar dipersiapkan, selama dan sesudah penampilan pada waktu akan menggunakan / taraf persiapan, perlu diperiksa lebih dahulu tentang segala alat dan perlengkapan yang diperlukan. Bahan / material yang akan digunakan disusun menurut urutan yng benar. Kesalahan yang kecil dalam urutan dapat menyebabkan gangguan yang besar dalam pelaksanaan kegiatan belajar.
6.    Gunakan media sesuai dengan karakteristik serta petunjuk penggunaan masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar