KURIKULUM SUBYEK AKADEMIS
· Pendekatan berdasarkan struktur pengetahuan
· Pendekatan bersifat integratif (integrated curriculum)
Ø Thema yang membentuk kesatuan (unifying theme)
Ø Menyatukan beberapa disiplin ilmu (contoh social studies)
Ø Menyatukan berbagai metode belajar
· Pendekatan fundamentalis
Ø Mata pelajaran membaca, menulis, berhitung
Ø Mata pelajaran lain dipelajari tanpa dihubungkan dengan kebutuhan praktis
Kurikulum Humanistik
Sumber: Pendidikan Pribadi (filsafat eksistensialisme)
1. Orientasi ke masa sekarang
2. Asumsi: anak punya potensi
3. Pendidikan ibarat bertani
4. Guru adalah psikolog, bidan, motivator, fasilitator
Karakteristik kurikulum
1. Siswa adalah subjek, punya peran utama
2. Isi/bahan sesuai minat/kebutuhan siswa
3. Menekankan keutuhan pribadi
4. Peenyampaian :discovery, inquiry, penekann masalah
Kurikulum Teknologis
Sumber: pendidikan teknologis (filsafat realisme)
1. Orientasi ke masa sekarang dan y.a.d
2. Menekankan kompetensi
3. Kompetensi diuraikan menjadi perilaku yang dapat di amati
4. Peranan guru tidak dominan
5. Pendidikan bersifat ilmiah
6. Pendidikan-sistem
Karakteristik kurikulum
1. Tujuan dirinci menjadi tujuan obyektif
2. Menekankan isi
3. Disain pengajar disusun sistemik
4. Isi disajikan dalam media tulis dan elektronik
5. Evaluasi menggunakan tes objektif
Kurikulum Rekrontruksi Sosial
Sumber: pendidikan interaksional
1. Orientasi ke masa lalu dan masa sekarang
2. Asumsi: manusia makhluk sosial
3. Menekankan pemecahan problema masyarakat
4. Tujuan pendidikan pembentukan masyarakat lebih baik
5. Pendidikan adalah kerjasama : interaksi guru-siswa-siswa
Karakteristik kurikulum
1. Tujuan pemecahan masalah masyarakat
2. Isi kurikulum: problema dalam masyarakat
3. Metode mengajar kooperatif/ gotong royong/ kerja kelompok
4. Guru & siswa belajar bersama
0 komentar:
Posting Komentar