Recent Posts

q

Selasa, 26 Juli 2011

Pendidikan Islam dalam Upaya pembebasan


Pendidikan Islam dn upaya pembebasan
Pendidikan seperti yang kita ketahui bersama menempatkan manusia sebagai pusat tuju dari segala proses pendidikan. Pendidikan berusaha menggali dan meningkatkan segal potensi yang dimiliki manusia sehingga ia dapat memfungsikan secar optimal kedudukannya sebagai khalifah dibumi. Maka pendidikan dapat dikatakan berfungsi membebaskan bukan hany6a tatkala mampu membebaskan dari kebodohan, namun juga mampu membebaskan manusia dari sisi jahat kemanusiaannya.Hal ini tidak terlepas dari misi universal pendidikan itu sendiri yang memasuki semua aspek kehidupan manusia, ekonomi dan sains, sains dan teknologi, kemiskinan, ketimpangan sosial, kebudayaan dan  peradaban manusia. semua itu tidak akan terlepas dari peran pendidikan. Disinilah fungsi pendidikan yang membebaskan yaitu membebaskan manusia dari segala belenggu budaya dan perkembangan kehidupan yang begitu cepat dan tidak menguntungkan visi manusia yang benar-benar dibuthkan.
Demikian pula dengan pendidkan Islam, dalam upayanya membebaskan manusia pendidikan islam  diharapkan selain mampu menghasilkan manusia yang melek pikiran pafda realitas hidup juga memilki muatan untuk mensosialisasikan pikiran, wawasan, sikap dan perilaku manusia terhadap nilai-nilai Islam.
Untuk mencapai semua itu pengembangan pemikiran yang bersifat ideologis sangat diperlukan dalam praktek pendidikan Islam. Pendidikan Islam tidak harus memerankan diri sebagai lembaga Indroktinasi keilmuan dan pengetahuan, karena dengan ini pengembangan peran manusia dalam dunia historis dan sosiologis dapat dijalankan dengan bebas, kreatif dan konstruktif. Ini artinya bahwa pengembangan pemikiran dialogis tidak hanya bermakna bagi pencerhan dan kecerdasan akademis semata tetapi juga dikembangkan dalam hubungan dan hubungan dialektika dengan permasalah kehidupan dan mampu memecahkan permasalahan secara kritis, kreatif dan mandiri.

0 komentar:

Posting Komentar