Recent Posts

q

Minggu, 24 Juli 2011

Penggunaan Metode ceramah

Ceramah adalah sebuah metode belajar yang paling disukai, tetapi apakah ini memiliki tempat pada lingkungan belajar yang aktif? Ceramah yang terlalu sering tidak akan efektif. Karenanya bangunlah daya tarik terlebih dahulu, memaksimalkan pengertian dan ingatan, libatkan siswa selama ceramah, dan beri penguatan pada apa yang telah disajikan
Membangun minat
  1. kemukakan cerita atau visual yang menarik. Sajikan anekdot, cerita fiksi, kartun atau grafik yang dapat memenuhi perhatian peserta didik terhadap apa yang anda kerjakan
  2. buatlah kasus masalah, kemukakan suatu masalah di sekitar ceramah yang anda sampaikan
  3. tes pertanyaan, berilah peserta didik sebuah pertanyaan, untuk mencari tahu apakah mereka sebelumnya telah memiliki sedikit pengetahuan tentangnya sehingga mereka akan termotivasi untuk mendengarkan ceramah anda
Memaksimalkan pemahaman dan ingatan
  1. headlines, beri poin-poin utama pada kata-kata kunci yang berfungsi sebagai sub hiding verbal atau alat bantu ingatan
  2. contoh dan analogi, kemukakan ilustrasi kehidupan nyata mengenai gagasan dalam ceramah dan jika mungkin buatlah perbandingan antara materi anda dan pengetahuan dengan pengalaman yang telah peserta didik alami
  3. alat bantu visual, gunakan flip-chart, transparansi, handout singkat dan demonstrasi yang membantu siswa melihat dan mendengarkan apa yang anda katakan
Melibatkan peserta didik selama ceramah
  1. tantangan spot, hentikan ceramah secara periodik dan tantanglah peserta didik untuk memberi contoh dari konsep yang disajikan untuk menjawab pertanyaan kuis spot
  2. latihan-latihan yang memperjelas, seluruh penyajian, selingi aktifitas-aktifitas singkat yang memperjelas poin-poin yang anda buat
Memberi daya penguat ceramah
  1. Aplikasi masalah, ajukan masalah atau pertanyaan pada peserta didik untuk diselesaikan dengan didasarkan pada informasi yang diberikan waktu ceramah
  2. review / mengulas siswa, perintahkan siswa untuk saling mengulas ceramah satu dengan yang lainnya, atau berilah mereka tes ulasan dengan menskor sendiri
Cashin, sebagaimana dikutip Horgan menulis alas an pengunaan metode ceramah tersebut sebagai berikut:
·         berdasarkan riset ceramah dapat menghasilkan informasi baru, dan pada umumnya tidak text book atau berdasarka sumber tulisn lainnya.
·         Ceramah dapat menunjukkan persamaan dan perbedaan konsep.
·         Ceramah dapat mmbantu antusiasme dosen terhadap subjek(materinya)
·         Ceramah dapat membentuk disiplin ilmu dengan pembuktian, analisis kritis, pemecahan masal dan sebagainya.
·         Ceramah dapat mengorganisir materi yang sesuai dengan kelas dan tujuan pembelajaran tertentu.
·         Ceramah dapat mendramatisir konsep penting dan berbagai pandangan.

Burden dan byrd menjelaskan bahwa metode ceramah biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi dalam waktu yang singkat, menjelaskan ide-ide yang sulit, menstimulasi agar mahasiswa belajar, menyampaikan informasi tentang cara-cara tertentu, atau untuk pendahuluan dan menjelaskan materi pembelajaran. Untuk kebutuhan tersebut ceramah perlu direncanakan secara cermat dengan melihat tingkat usia, kecenderungan mahasiswa dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar