Recent Posts

q

Senin, 08 Agustus 2011

Tujuan Pendidikan menurut Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu khaldun tujuan Pendidikan Islam beraneka ragam dan bersifat universal. Diantara tujuan pendidikan itu adalah:
1.      Tujuan Peningkatan Pemikiran
Ibnu khaldun memandang bahwa salah satu tujuan pendidikan adalah memberikan kesempatan pada akaluntuk lebih giat dan melakukan aktivitas. Hal ini dapat dilakukan melalui proses menunutut ilmu dan ketrampilan.dengan menuntut ilmu dan ketrampilan seseorang dapat meningkatkan kegiatan potensi akalnya. Disamping itu melalui potensinya , akal akan mendorong manusia untuk memperoleh dan melestarikan pengetahuan. Melalui proses belajar, manusia senantiasa mencoba meneliti pengetahuan-pengetahuan atau informasi-informasi yang diperoleh oleh pendahuluan-pendahuluannya. Manusia mengumpulkan fakta-fakta dan menginventarisasi dan ketrampilan-ketrampilan yang dikuasainya untuk memperoleh lebih banyak warisan pengetahuan yang semakin meningkat sepanjang masa sebagai hasil dari aktivitas akal manusia. Atas dasar pemikiran tersebut, maka tujuan pendidikan menurut ibnu khaldun adalah peningkatan kecerdasan nmanusia dan kemampuannya berfikir. Dengan kemampuan tersebut manusia akan dapat meningkatkan pengetahuaanya dengan cara memperoleh lebih banyak warisan pengetahuan saat belajar.
2.      Tujuan Peningkatan kemasyarakatan
Dari segi peningkatan kemasyarakatan, Ibnu khaldun berpendapat bahwa ilmu dan pengajaran adalah lumrah bagi peradaban manusia. Ilmu dan pengajaran sangat diperlukan untuk  meningkatkan taraf  hidup masyarakat manusia kearah yang lebih baik. Semakin dinamis budaya suatu masyarakat, maka akan semakin bermutu dan dinamis pula ketrampilan masyarakat tersebut. Untuk itu manusia, seyogyanya senantiasa berusaha memperoleh ilmu dan ketrampilan sebanyak mungkin sebagai salah satu cara membantunya untuk dapat hidup dengan baik dalam masyarakat yang dinamis dan berbudaya. Jadi ekstensi pendidikan menurutnyamerupakan suatu sarana yang dapat membantu individu dan masyarakat menuju kemajuan dan kecermelangan. Disamping bertujuan meningkatkan segi kemasyarakatan manusia, pendidikan juga bertujuan mendorong terciptanya tatanan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik.
3.      Tujuan pendidikan dari segi kerohanian adalah dengan meningkatkan kerohanian manusia dengan menjalankan praktek ibadah dzikir,dan mengasingkan diri dari khalayak ramai sedapat mungkin untuk tujuan ibadahsebagaimana yang dilakukan oleh para sufi.

0 komentar:

Posting Komentar