Recent Posts

q

Jumat, 05 Agustus 2011

Upaya untuk Mengimplementasikan pendidikan Inklusif

Masih banyak masysarkat kita yang belum memahami Pendidikan Inklusuf, sehingga dalam implementasinya membutuhkan kesungguhan dan kerja sama dari semua pihak atau berbagi praktisi pendidikan. Adapun langkah-langkah untuk mengimplementasikan Pendidikan Inklusif antara lain adalah:
1.             Menyosialisasikan konsep pendidikan Inklusif kepada seluruh institusi penddikan dan masyarakat. Sasaran sosialisasi ini dimaksud untuk merubah cara pandang masyarakat dan pihak-pihak lain yang tidak mengetahui sama sekali terhadap pendidikan luar biasa, sehingga konsep pendidikan Inklusif dapat dipahami secara utuh dan diterima keberadaannya oleh masyarakat. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengimplementasikan Pendidikan Inklusif ini melalui seminar, symposium lokakarya, diskusi dan kegiatan sosialisasi lainnya. Kegiatan ini tentunya melibatkan para pembuat kebijakan antara lain adalah dinas pendidikan Propinsi dan kota/kabupaten, termasuk praktisi pendidikan luar biasa, orang tua siswa dan masyarakat.
2.             Pembangunan Staf dan tata kerja Instituusi pendidikan. Hal ini dimaksudkan supaya implementasi pendidikan Inklusif memperoleh dukungan sumberdaya manusia yang memahami dan trampil dalam melaksanakan layanan pendidian bagi amak luar biasa secara integral dan juga sumber daya lainya, berupa sarana prasarana dan fasilitas sekolah yang dapat dakses anak luar biasa dalam melakukan berbagai aktivitas secara mandiri.
3.             Membentuk tim monitoring dan evaluasi yang terdiri dari berbagi pihak terkait. Langkah ini dimaksud sebagai upaya untuk memantau pelaksanaan dan perkembangan pendidikan Inklusif sehingga diharapkan dapat ditemukan upaya kreatif dan solusi untuk mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan pendidikan Inklusif.

0 komentar:

Posting Komentar